ARTHRITIS

Arithritis adalah peradangan atau inflamasi di persendian. Arthritis dapat merupakan gejala daru berbagai penyakit. Ada tiga jenis penyakit arthritis yaitu: Arthritis gout, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.
Arthritis Gout (rematik)
Gout (rematik) suatu bentuk arthritis (peradangan sendi) yang biasanya menyerang jari-jari kaki, terutama ibu jaru kaki, tetapi bisa juga menyerang lutut, tumit, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari-jari tangan dan siku. Gout biasanya diturunkan dalam keluarga. Hanya saja mengenai pria dan sering timbul tanpa gejala awal sekitar umur 45tahun.
Bila dicetuskan oleh cedera ringan seperti memakai sepatu yang tidak sesuai ukurannya, terlalu banyak makan makanan yang mengandung asam urat, (seperti  jeroan), alcohol, stress, infeksi dan obat-obatan tertentu.
Gejalanya:
-          Nyeri sendi secara mendadak, biasanya di malam hari. Nyeri berdenyut atau sangat sakit dan bertambah nyeri bila sedikit saja bergerak
-          Kemerahan, bengkak dari sendi yang terkena
-          Demam, kedinginan dan lemah, mungkin menyertai serangan
Penyebab:
-          Kadar asam urat di dalam darah yang meningkat menyebabkan penumpukan Kristal asam urat di dalam sendi
-          Asam urat adalah sampah metabolism zat purin, suatu senyawa kimia dalam makanan tertentu
Pencegahannya:
Hindari makan segala sesuatu yang berlebihan atau yang bisa mencetus serangan.
Kurangi makanan yang kaya akan purin misalnya daging, jeroan seperti kikil, babat, usus, hati, ampela dan lainnya.
Arthritis rheumatoid
Arthritis rheumatoid merupakan radang yang umumnya menyerang pada sendi-sendi tangan dan kaki, yang semakin lama semakin bertambah berat sakitnya.
Gejalanya:
-          Kedua tangan terasa kaku pada pagi hari lebih dari setengah jam
-          Tidak enak badan, kaku dan nyeri pada sendi, bengkak, semu merah dan terasa hangat
Penyebabnya:
Dapat berasal dari factor genetic  atau factor resiko lingkungan tertentu yang dapat menyebabkan kekacauan daya tahan tubuh atau gangguan autoimun
Gangguan autoimun dapat menyebabkan gangguan arthritis rheumatoid.
Pencegahannya:
Istirahat yang cukup, pakailah kaos kaki atau sarung tangan sewaktu tidur malam hari dam kurangi aktivitas yang berat secara perlahan.
Osteoarthritis (Keropos Sendi)
Merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan rapuhnya kapsul sendi sehingga merusak lapisan tulang rawan yang menutuppermukaan ujung-ujung tulang.
Umumnya menyerang sendi-sendi penopang tubuh, seperti lulut, pinggul, tulang belakang.
Osteoarthritis umumnya menyerang usia lanjut,pada bagian penderita tidak sampai parah.
Gejalanya:
Nyeri dan kaku pada sendi, terutama pada waktu akan berdiri dan berjalan setalah lama duduk apabila lutut dan pinggul yang terserang.
Penyebabnya:
Degenerasi atau ausnya kartilago (jaringan elastis) yang seharusnya melingkari ujung-ujung tulang pada persendian.
Pencegahannya:
Hindari kegiatan tertentu apabila sendi sudah terasa nyeri, sebaiknya berat badan diturunkan apabila kegemukan agar beban pada sendi lutut atau pinggul berkurang.
Produk yang digunakan antara lain:
-          K-link Kino, dosis:awal digunakan sebanyak 3-5 dos, sedangkan dosis pemeliharaan 1-2 pasang koyo kino dalam seminggu ditempat telapak kaki bagian bawah (tumit) atau daerah yang mengalami pembengkakan
-          UIE K-Liquid Chlorophyll, dosis: 1-3x1 sloki dicampur dengan 1 gelas air (250cc), diminum setengah jam sebelum makan. Meningkatkan kadar oksigen dalam darah, membersihkan dan mengurangi rasa sakit pada daerah peradangan.
-          K-AyuArtis, dosis: dikonsumsi 2-3x2 kapsul sehari, untuk mengurangi masalah pada persendian dan mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri pada tulang dan sendi. Dan sebaiknya dikombinasikan dengan mengkonsumsi K-AyuLite 1-2x2 kapsul sehari. Dikonsumsi sesudah makan.
-          K-AyuRin Plus, dosis: 2x1-2 kapsul sehari sesudah makan, berfungsi untuk meningkatkan pengeluaran urin sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
-          Gamat Extract, dosis: diminum 2x1-2 sloki sehari selama mungkin, tujuan meregenarsi sel-sel mati sehingga diharapkan sebagian akan berfungsi normal lagi. Untuk kasus-kasus kronik memberikan hasil baik.
-          OmegaSqua , dosis: 2x1-2 kapsul sehari, dianjurkan mengkonsumsi selama 5-6 bulan secara berturut. Untuk memelihara jaringan persendian dan mengurangi peradangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar